Tugas pemasar adalah menyusun program atau rencana
pemasaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Program pemasaran
terdiri dari sejumlah keputusan tentang bauran alat – alat pemasaran yang
digunakan.
Bauran pemasaran (marketing
mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk
terus – menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran.
McCarthy
mengklasifikasikan alat – alat itu menjadi empat kelompok yang luas yang
disebut 4 P pemasaran: produk ( product ),
harga ( price ), tempat ( place ) dan promosi ( promotion ).
Keputusan bauran pemasaran harus diambil untuk
mempengaruhi saluran perdagangan dan juga konsumen akhir. Perusahaan mempersiapkan
bauran tawaran yang terdiri dari produk, servis, dan harga, dan memanfaatkan
bauran promosi yang terdiri dari promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan,
humas, surat langsung, sarana jarak jauh (telemarketing), dan Internet untuk
mencapai saluran perdagangan dan pelanggan sasaran.
Perusahaan tersebut dapat mengubah harga, banyaknya
tenaga pemasaran, dan pengeluaran periklanan dalam jangka pendek. Ia dapat
mengembangkan produk baru dan memodifikasi saluran distribusinya hanya dalam
jangka panjang. Dengan demikian, perusahaan umumnya membuat lebih sedikit
perubahan bauran pemasaran dari periode ke periode dalam jangka pendek
dibandingkan jumlah yang mungkin disarankan oleh variabel – variabel keputusan
bauran pemasaran.
4 P menggambarkan pandangan penjual tentang alat – alat
pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi pembeli. Dari sudut pandang
manfaat bagi pelanggan.
Robert Lauterborn mengemukakan bahwa empat P penjual
berpasangan dengan empat C pelanggan :
Empat P Empat C
Product ( produk ) Customer solution ( solusi pelanggan )
Price ( harga ) Customer
cost ( biaya atau harga pelanggan )
Place ( tempat ) Convinience ( kenyamanan )
Promotion ( promosi ) Communication
( komunikasi )
Yang menjadi pemenang adalah perusahaan yang dapat
memenuhi kebutuhan pelanggan dengan hemat dan nyaman serta dengan komunikasi
yang efektif.
sumber: Kotler
saat ini produk lebih ngebranding dengan kemasan yang menarik https://yogyakartas.com/
BalasHapus