Entri Populer

12 Januari, 2016

Program Pemasaran



Tugas pemasar adalah menyusun program atau rencana pemasaran untuk mencapai tujuan yang diinginkan perusahaan. Program pemasaran terdiri dari sejumlah keputusan tentang bauran alat – alat pemasaran yang digunakan. 
Bauran pemasaran (marketing mix) adalah seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk terus – menerus mencapai tujuan pemasarannya di pasar sasaran.

McCarthy mengklasifikasikan alat – alat itu menjadi empat kelompok yang luas yang disebut 4 P pemasaran: produk ( product ), harga ( price ), tempat ( place ) dan promosi ( promotion ).

Keputusan bauran pemasaran harus diambil untuk mempengaruhi saluran perdagangan dan juga konsumen akhir. Perusahaan mempersiapkan bauran tawaran yang terdiri dari produk, servis, dan harga, dan memanfaatkan bauran promosi yang terdiri dari promosi penjualan, periklanan, tenaga penjualan, humas, surat langsung, sarana jarak jauh (telemarketing), dan Internet untuk mencapai saluran perdagangan dan pelanggan sasaran.

Perusahaan tersebut dapat mengubah harga, banyaknya tenaga pemasaran, dan pengeluaran periklanan dalam jangka pendek. Ia dapat mengembangkan produk baru dan memodifikasi saluran distribusinya hanya dalam jangka panjang. Dengan demikian, perusahaan umumnya membuat lebih sedikit perubahan bauran pemasaran dari periode ke periode dalam jangka pendek dibandingkan jumlah yang mungkin disarankan oleh variabel – variabel keputusan bauran pemasaran.

4 P menggambarkan pandangan penjual tentang alat – alat pemasaran yang dapat digunakan untuk mempengaruhi pembeli. Dari sudut pandang manfaat bagi pelanggan. 
Robert Lauterborn mengemukakan bahwa empat P penjual berpasangan dengan empat C pelanggan :

            Empat P                                 Empat C
            Product ( produk )                   Customer solution ( solusi pelanggan )
            Price ( harga )                         Customer cost ( biaya atau harga pelanggan )
            Place ( tempat )                       Convinience ( kenyamanan )
            Promotion ( promosi )             Communication ( komunikasi )

Yang menjadi pemenang adalah perusahaan yang dapat memenuhi kebutuhan pelanggan dengan hemat dan nyaman serta dengan komunikasi yang efektif.

sumber: Kotler

1 komentar:

  1. saat ini produk lebih ngebranding dengan kemasan yang menarik https://yogyakartas.com/

    BalasHapus