Entri Populer

18 Januari, 2016

Apakah Menjual Itu Hanya Tugas Salesman?

Semangat Senin pagi guys....
tetap terus semangat... do not hate Monday ya,...
artikel berikut cukup menarik untuk memacu kita untuk berbuat lebih lagi...enjoy.
 
Menjual merupakan kewajiban bagi orang yang berprofesi di bagian penjualan,  baik salesman, medical representative, medical delegate, sales executive, account executive, sales promotion girl, dan semua profesi yang menggunakan kata sales dan account, termasuk pedagang eceran seperti apotek, toko obat, toko buku, toko makanan dan minuman maupun warung kecil. Dan, mereka yang berhasil menghubungi calon pembeli, misalnya para telemarketer yang berhasil menghubungi calon pembeli melalui telepon, selalu menawarkan produk—biasanya berupa keanggotaan kartu kredit, kredit tanpa agunan, dan keanggotaan bisnis pelesiran di hotel maupun restoran—dengan gigih. Namun, apakah hanya mereka yang berprofesi di bidang penjualan saja yang selalu melakukan aktivitas penjualan? Tentu saja tidak.
          Setiap orang yang bekerja di suatu perusahaan pasti berkompetisi dengan para rekannya dalam hal prestasi kerja. Dengan demikian, setiap karyawan di bagian apa pun harus berusaha keras agar dapat tampil lebih cemerlang daripada karyawan lain. Dan, setidaknya pada akhir tahun mereka berharap bisa mendapatkan hadiah atau bonus tahunan dari perusahaan karena hasil kerja mereka dinilai baik. Syukur-syukur, mereka mendapat kenaikan jabatan yang lebih tinggi. Lalu, bagaimana seseorang yang tidak berada di departemen penjualan dapat terlihat lebih baik daripada karyawan lainnya? Salah satu caranya adalah dengan menjual! Anda memang tidak salah membaca artikel ini, dan juga tidak salah cetak. Agar dapat tampil lebih baik, Anda memang harus mampu ”menjual”, meski Anda adalah karyawan akunting, produksi, pemeriksa kualitas, pembelian, logistik dan lain sebagainya.
          Saya tahu Anda sangat tidak suka pekerjaan menjual dan merasa tidak berbakat di bidang itu. Oleh karena itu, Anda sedari dulu telah memilih pekerjaan yang tidak berkaitan dengan penjualan. Namun, agar karier Anda berkembang, jangan segan-segan melakukan penjualan. Namun, Anda jangan terburu-buru salah sangka. Anda tidak diajak berpindah haluan menjadi sales people. Untuk meningkatkan karier, Anda memang tidak perlu pindah ke bagian penjualan. Tetaplah Anda menekuni pekerjaan yang Anda sukai, tetapi mulailah membuka pikiran agar karier Anda semakin terbuka lebih lebar. Salah satu cara terbaik adalah dengan ”menjual diri”. Maksudnya, menjual kelebihan yang Anda miliki seperti selalu melaksanakan tugas secara tuntas dengan hasil yang memuaskan, memiliki keterampilan yang tidak dimiliki teman lain, berkemampuan mengerjakan tugas sulit, pandai berinteraksi dengan orang lain. Jadi Anda perlu menggunakan taktik menjual secara kreatif agar atasan dan teman-teman melihat potensi Anda. 
 
Fikri C. WardanaSales & Marketing Consultant

Tidak ada komentar:

Posting Komentar