Entri Populer

07 Januari, 2016

Definisi Kualitas



What does the word "Quality" mean to you?
think about your past experiences staying at various hotels.....
did you stay at a "Quality" hotel?
 
Sistem Manajemen kualitas total dikembangkan melalui identifikasi dan pemuasan kebutuhan pelanggan. Manajemen kualitas total mengelola konsumen. Jadi kualitas dapat didefinisikan sebagai keseluruhan karakteristik dan fitur/bagian produk atau jasa yang memiliki kemampuan untuk memuaskan kebutuhan konsumen, atau dapat juga didefinisikan  sebagai kemampuan produk atau jasa memenuhi kebutuhan konsumen

Namun demikian, terdapat beberapa definisi kualitas yang didasarkan pada berbagai kategori. Berikut ini beberapa definisi kualitas (3kategori), yaitu :
1.     User-based approach. Disini dikatakan bahwa kualitas terletak dimata konsumen, sehingga untuk mengembangkan produk, manajer operasi harus mendefinisikan harapan-harapan konsumen. Orang pemasaran dan juga konsumen senang dengan konsep ini, sehingga mereka mengartikan bahwa kualitas yang lebih tinggi berarti kinerja yang lebih baik, bentuk yang lebih bagus dan adanya sejumlah perbaikkan.
2.     Manufacturing-base approach. Bagi manajer produksi, kualitas berarti kesesuaian terhadap standar dan making it right the first time.    
3.     Product-base approach. Pendekatan ini memandang bahwa kualitas merupakan suatu variabel yang tepat dan dapat diukur. Bagan pengendalian merupakan salah satu alat yang dapat digunakan untuk mengukur karakteristik produk (variabel/atribut).

Implikasi lain dari kualitas, bahwa kualitas adalah elemen kritis dalam operasi antara lain karena alasan :
·       Reputasi perusahaan. Kualitas akan menentukan persepsi orang tentang perusahaan, dan kualitas tidak mungkin digantikan oleh promosi yang segencar apapun.
·       Liabilitas produk. Tanggung jawab produk dapat berupa penghindaran terjadinya kerusakan atau kecelakaan dalam pemakaian/penggunaan produk yang dapat berakibat pada tingginya pengeluaran legal atau publisitas yang buruk.
·       Implikasi global. Kualitas saat ini menjadi perhatian internasional, sehingga produk juga harus sesuai dengan kualitas, disain dan harga yang diharapkan oleh pasar global.

referensi: Heizer Render

Tidak ada komentar:

Posting Komentar