Entri Populer

12 Januari, 2016

10 Kaedah Pemasaran Radikal



Dalam buku mereka Radical Marketing, Sam Hill dan Glenn Rifkin membentangkan serangkaian pedoman berbentuk resep yang dapat membantu perusahaan lain meniru para penasar radikal :

  1. CEO harus memiliki fungsi pemasaran. CEO pemasaran radikal tidak pernah mendelegasikan tanggung jawab pemasaran ; mereka umumnya bertindak seperti pejabat kepala pemasaran secara de facto.
  1. Pastikan bahwa departemen pemasaran sejak awalnya kecil dan datar, dan harus dipertahankan tetap kecil dan datar. CEO harus tidak mengijinkan lapisan manajemen bertumbuh begitu banyak sehingga memperbesar jarak mereka dari pasar.
  1. Hadapilah langsung orang yang paling berarti – pelanggan. Bagi pemasar radikal, " berhadapan langsung merupakan mantera ". Mereka memahami keuntungan yang didapatkan dari interaksi langsung dengan pelanggan.
  1. Gunakan riset pasar secara hati – hati. Riset pasar umumnya memberitahu pemasar apa keinginan pelanggan kebanyakan. Para pemasar radikal lebih menyukai teknik akar rumput.
  1. Pekerjakan hanya  ” misionaris ” yang bergairah. Para pemasar radikal tidak memiliki pemasar, mereka memiliki misionaris.
  1. Cintailah dan hargailah pelanggan Anda. Para pemasar radikal menghargai pelanggan sebagai individu, bukan sebagai nomor – nomor dalam spreadsheet. Mereka mengakui bahwa para pelanggan inti menyumbang banyak sekali keberhasilan perusahaan mereka.
  1. Ciptakan komunitas pelanggan. Para pemasar radikal " mendorong pelanggan mereka menganggap diri mereka sebagai komunitas, dan merek sebagai pemersatu komunitas itu ".
  1. Pikirkan kembali bauran pemasaran. Teknik pemasaran pemasar radikal sering sangat berbeda dengan teknik yang digunakan oleh para pemasar tradisonal. Sebagai contoh, pemasar tradisional berupaya untuk menjangkau khalayak luas via periklanan berskala besar, sementara pemasar radikal menggunakan " iklan terobos langsung " dengan ciri – ciri kampanye iklan yang singkat dan bersasaran.
  1. Perhatikan pendapat umum. Perusahaan kecil dengan sumber daya terbatas tdak dapat berharap untuk mampu bersaing dengan para pesaing besar tanpa gagasan pemasaran yang segar dan berbeda. Dengan demikian pemasar radikal membatasi distribusi sehingga dapat menciptakan kesetiaan dan komitmen dari para distributor dan pelanggan mereka.
  1. Berpeganglah pada nilai nyata merek. Para pemasar radikal " terobsesi pada keterpaduan merek, dan mereka senantiasa berpikir tentang mutu ".         

Tidak ada komentar:

Posting Komentar