Entri Populer

03 September, 2012

Mengapa Mempelajari Manajemen Operasional?

Kita mempelajari Manajemen Operasional (MO) karena empat alasan berikut:
  1. MO adalah satu dari tiga fungsi utama (Marketing, Finance, Operation) dari setiap organisasi dan berhubungan secara utuh dengan semua fungsi bisnis lainnya. Semua organisasi memasarkan/menjual, membiayai/mencatat rugi laba, dan memproduksi/mengoperasikan. Maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana aktifitas MO berjalan.
  2. Kita mempelajari MO karena kita ingin mengetahui bagaimana barang dan jasa di produksi.
  3. Kita mempelajari MO untuk memahami apa yang dikerjakan oleh manajer operasi. Dengan memahami apa saja yang dilakukan oleh manajer ini, kita dapat membangun keahlian yang dibutuhkan untuk dapat menjadi seorang manajer seperti itu. Hal ini akan membantu kita untuk menjelajahi kesempatan kerja yang banyak dan menggiurkan di bidang MO
  4. Kita mempelajari MO karena bagian ini merupakan bagian yang paling banyak menghabiskan biaya dalam sebuah organisasi. sebagian besar pengeluaran perusahaan digunakan untuk fungsi MO. walaupun demikian, MO memberikan peluang untuk meningkatkan keuntungan dan pelayanan terhadap masyarakat.
Tabel berikut menunjukan laporan rugi laba sederhana dan 3 pilihan strategis bagi perusahaan. 
  1. Pilihan pertama adalah melalui pemasaran/marketing, dimana manajemen pemasaran yang baik dapat meningkatkan penjualan sebanyak 50%. dengan adanya peningkatan penjualan sebesar 50%, kontribusi akan meningkat menjadi 71%, tetapi peningkatan penjualan sebesar 50% akan sangat sulit dicapai.
  2. Pilihan kedua melalui keuangan/akuntansi, dimana biaya-biaya dikurangi hingga setengahnya melalui manajemen keuangan yang baik. akan tetapi, pengurangan tersebut tetap tidak cukup untuk menghasilkan peningkatan kontribusi yang dibutuhkan. Kontribusinya hanya meningkat 21%.
  3. Pilihan ketiga adalah melalui MO, dimana manajemen mengurangi biaya produksi sebesar 20% yang memberikan peningkatan kontribusi sebesar $12.000 atau hingga 114%.
(sumber:Heizer Render,Operation management)





Pilihan untuk meningkatkan kontribusi dari masing-masing fungsi utama organisasi 

2 komentar: