Entri Populer

20 Januari, 2016

Pengertian Anggaran Penjualan





Anggaran penjualan merupakan dasar penyusunan anggaran lainnya dan pada umumnya anggaran penjualan disusun terlebih dahulu sebelum menyusun anggaran lainnya. Karena itu anggaran penjualan disebut anggaran kunci.
Berhasil tidaknya suatu perusahaan tergantung pada keberhasilan bagian pemasaran dalam meningkatkan penjualan. Penjualan merupakan ujung tombak dalam mencapai tujuan perusahaan mencari laba yang maksimal. Karena itu anggaran penjualan disusun lebih dahulu dan merupakan dasar dalam penyusunan anggaran lainnya. Kesalahan dalam penyusunan anggaran penjualan akan mengakibatkan anggaran yang lain juga menjadi salah.
Anggaran jualan berarti anggaran hasil penjualan atau anggaran hasil proses menjual. Menjual (sell) berarti menyerahkan sesuatu kepada pembeli dengan harga tertentu dan pada saat tertentu. Penjualan (selling) berarti proses kegiatan menjual, yaitu dari kegiatan penetapan harga jual sampai produk didistribusikan ke tangan konsumen (pembeli). Jualan (sales) adalah hasil penjualan atau hasil proses menjual.

Anggaran jualan disusun oleh fungsi penjualan (dalam hal ini fungsi manajer penjualan atau yang lebih luas lagi fungsi manajer pemasaran). Anggaran jualan merupakan rencana tertulis yang dinyatakan dalam angka dari produk yang akan dijual perusahaan pada periode tertentu. Jualan merupakan unsur dapatan (revenues) yang disebut dapatan jualan (sales revenues). Jualan terdiri atas jualan kotor dan jualan bersih. Jualan bersih diperoleh setelah dikurangi dengan potongan dan retur jualan.
Retur jualan (sales return) adalah dikembalikannya sejumlah barang yang dijual oleh pembeli kepada penjual akibat tidak sesuai dengan pesanan, misalnya terdapat cacat tersembunyi, tidak sesuai ukuran, dan kualitas tidak sesuai.
Potongan jualan (sales discount) adalah potongan harga jual yang diberikan penjual kepada pembeli, misalnya mendapat potongan karena membeli dalam jumlah yang besar atau membayar secara tunai.
Tujuan penyusunan anggaran adalah untuk merencanakan setepat mungkin tingkat penjualan pada periode yang akan datang dengan memperhatikan data yang merupakan pencerminan kejadian yang dialami perusahaan di masa lalu, khususnya di bidang penjualan.
Agar  perusahaan memperoleh laba yang maksimal, maka dapatan jualan diusahakan setinggi-tingginya dan beban ditekan serendah-rendahnya. Untuk meningkatkan jualan dapat dilakukan dengan cara meningkatkan kuantitas barang yang dijual atau menaikkan harga jual per unit barang yang dijual. Bila memungkinkan, kedua cara bisa ditempuh.Namun jika tidak memungkinkan, cara lain yang dapat ditempuh yaitu menurunkan harga jual per unit untuk meningkatkan kuantitas barang yang dijual.

Tujuan Utama Anggaran Penjualan, adalah:
  • Mengurangi ketidakpastian dimasa depan
  • Memasukkan pertimbangan /keputusan manajemen dalam proses perencanaan
  • Memberikan informasi dalam profit planing control
  • Untuk mempermudah pengendalian penjualan
  • Mengurangi ketidakpastian dimasa depan
  • Memasukkan pertimbangan /keputusan manajemen dalam proses perencanaan
  • Memberikan informasi dalam profit planing control
  • Untuk mempermudah pengendalian penjualan
Fungsi Anggaran Penjualan dalam Suatu Perusahaan, adalah:
  • Anggaran penjualan adalah dasar perencanaan atas kegiatan perusahaan..
  • Anggaran penjualan sebagai alat koordinasi dan mengarahkan setiap pelaksanaan divisi Pemasaran.
  • Anggaran penjualan sebagai alat pengorganisasian.
  • Anggaran penjualan sebagai alat pengawasan bagi manajemen
                                                
Beberapa masalah dasar yang umum dihadapi perusahaan ketika hendak menjual hasil produksinya adalah:
a.     Penentuan jenis barang dan atau jasa apa yang akan dijual
b.     Penentuan biaya yang perlu dikeluarkan agar jasa dan atau barang tersebut dapat terjual
c.     Penentuan harga jual barang dan atau jasa agar mendatangkan laba bagi perusahaan dan di lain pihak dapat terjangkau oleh konsumen

sumber: buku-buku tentang anggaran perusahaan (Nafirin, dll).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar