Entri Populer

04 Oktober, 2012

Tata Letak Fasilitas


Tata letak (layout) adalah salah satu kunci keputusan yang menentukan efisiensi operasi dalam jangka panjang. Layout fasilitas adalah penenpatan atau susunan segala sesuatu yang dibutuhkan untuk proses operasi dalam dan sekitar bangunan.
Tata letak mempunyai sejumlah implikasistrategis karena menentukan prioritas bersaing perusahaan dalam hubungannya dengan kapasitas, proses, fleksibilitas, biaya, kualitas hidup kerja, kontak konsumen dan image. Tata letak yang efektif dapat membantu organisasi mencapai keunggulan strategi yang mendukung diferensiasi, biaya rendah, atau respon.  
Mc. Donald, misalnya, mendukung strategi diferensiasi dengan investasi tinggi pada tata letak, seperti terlihat pada gambar diatas, dimana dari sekian banyak inovasi yang dilakukan lebih banyak fokus ke arah tata letak

Tujuan strategi layout adalah mengembangkan layout ekonomis yang memenuhi persyaratan kompetitif perusahaan. Desain layout ekonomis harus mempertimbangkan beberapa hal berikut :
1.    Pemanfaatan/penggunaan ruang, peralatan dan orang secara maksimal.
2.    Perbaikan aliran informasi, material, atau orang.
3.    Perbaikan moral dan kondisi kerja yang lebih aman.
4.    Perbaikan dalam interaksi konsumen/klien.
5.    Fleksibilitas (layout yang ada sekarang akan memerlukan perubahan).